Code 3 - Untuk teks di atas gambar

Pertemuan#03 - Membuat sebuah soal bangun ruang untuk mencari luas permukaan bangun ruang berikut gambar ilustrasi

  1. Bagian pendukung :
    1. Mendapatkan sebuah angka acak
function RandomAngkaAtoB(a,b){ var r = a+Math.ceil(Math.random() * b); return r; }
    1. Mengacak isi sebuah array
function RandomMyArray(Arr){ for (var i=0; i<Arr.length; i++){ var r = Math.floor(Math.random() * Arr.length); var a = Arr[i]; Arr[i] = Arr[r]; Arr[r] = a; } return Arr }
    1. Mendapatkan nomor urut jawaban benar
function NoJawabanBenar(Arr, jwb){ for (var i=0; i<Arr.length; i++){ if (Arr[i]==jwb){ return i; break; } } }
    1. Mendapatkan huruf jawaban
function GetABCD(no){ var ABCD = ["A","B","C","D"] return ABCD[no] }
    1. Memecah n-digit angka menjadi array
function SplitString(ff){ var gg = new Array(); var strff = ""+ff; var len = strff.length; for (var i=0; i<len; i++){ gg.push(strff.substr(i,1)); } return gg; }
    1. Membuat angka ribuan menjadi ada titik seperti 1234 menjadi 1.234
function StringRibuan(str){ var strfix = ""; var arfix = new Array(); var StrArray = SplitString(str); for (var i=0; i<StrArray.length; i++){ arfix.push(StrArray[i]); } var ct = 0; var m = 0; var n = 0; var ctmax = StrArray.length; var arct = new Array(); for (var i=StrArray.length-1; i>=0; i--){ ct++; ctmax--; if(ct==3){ ct = 0; m++; arct.push(3); } } var n = StrArray.length - 3*arct.length; var iter=-1; strfix=""; for (var i=0; i<n; i++){ iter++; strfix += arfix[iter]; } if (n>0) strfix += "."; for (var i=0; i<m; i++){ for (j=0; j<3; j++){ iter++; strfix += arfix[iter]; } strfix += "."; } var leng = strfix.length; strfix = strfix.substr(0, leng-1); return strfix }
    1. Mendapatkan Data soal
function MyFungsi3(){ var pyth = [[4,3,5],[12,5,13],[6,8,10],[24,7,25],[8,15,17]]; var pil = RandomAngkaAtoB(-1,5); var dd = RandomAngkaAtoB(2,9); var aa = dd+pyth[pil][0]; do{ var bb = RandomAngkaAtoB(2,4); var cc = pyth[pil][2]; var tt = pyth[pil][1]; }while(bb==cc); var luas = 2*(aa+dd)/2*tt + dd*bb + aa*bb + bb*cc + bb*tt; var luas1 = (aa+dd)/2*tt + dd*bb + aa*bb + bb*cc + bb*tt; var luas2 = 2*(aa+dd)/2*tt + dd*bb + aa*bb + bb*cc; var luas3 = 2*(aa+dd)/2*tt + dd*bb + aa*bb + bb*tt; var luas4 = 2*(aa+dd)*tt + dd*bb + aa*bb + bb*cc + bb*tt; var ArSisi = [aa,bb,cc,dd]; var benar = luas; var salah1 = luas1; var salah2 = luas2; var salah3 = luas3; var salah4 = luas4; var arrSalah = [salah1,salah2,salah3,salah4]; arrSalah = RandomMyArray(arrSalah); return [ArSisi,benar,arrSalah]; }
    1. Memasukkan gambar ke canvas
function Gambar3(nmcanvas,Arr){ const canvas = document.getElementById(nmcanvas); const ctx = canvas.getContext("2d"); // menambahkan image pada canvas // let base_image = new Image(); base_image.src = "Gambar3.png"; base_image.onload = function () { ctx.drawImage(base_image, 0, 0,base_image.width, base_image.height); InsertText(Arr); } function InsertText(Arr){ ctx.font = "bold 12px Times New Roman"; ctx.textAlign = "center"; ctx.fillText(Arr[0]+" cm",105,190); ctx.fillText(Arr[1]+" cm",225,193); ctx.fillText(Arr[2]+" cm",213,97); ctx.fillText(Arr[3]+" cm",123,30); } return 0; }
-------------------------------------------
  1. Bagian utama :
    1. Program Utama
function GetSoal3(){ const MyData = MyFungsi3(); var ArSisi=MyData[0]; var benar=MyData[1]; var arrSalah=MyData[2]; const DrawPGL = Gambar3("myCanvas3",ArSisi); var ss ss = "Luas permukaan bangun tersebut adalah ... "; var Ar = []; // jawaban Ar[0] = benar; Ar[1] = arrSalah[0]; Ar[2] = arrSalah[1]; Ar[3] = arrSalah[2]; Ar[0] = StringRibuan(Ar[0]); Ar[1] = StringRibuan(Ar[1]); Ar[2] = StringRibuan(Ar[2]); Ar[3] = StringRibuan(Ar[3]); var jawab = Ar[0]; Ar = RandomMyArray(Ar); var noBenar = NoJawabanBenar(Ar, jawab); var textSoal = ss+" <p>A. "+Ar[0]+" cm²<br>B. "+Ar[1]+" cm²<br>C. "+Ar[2]+" cm²<br>D. "+Ar[3]+" cm²</p>"; var ArFix = []; ArFix.push(textSoal); ArFix.push(GetABCD(noBenar)); return ArFix; }
    1. Nomor soal dan kalimat sebelum gambar
document.write("<p>4. Perhatikan bangun prisma trapesium siku-siku berikut!<p>");
    1. Menyiapkan canvas untuk gambar
<canvas id="myCanvas3" width="277" height="215" style="border:0px solid grey;"> </canvas>
    1. Mencetak soal
var ss ss = GetSoal3(); document.write("<p>"+ss[0]+"</p>"); document.write("Jawaban : "+ss[1]);
-------------------------------------------